MEREKA KEMBALI

JUDUL FILM : MEREKA KEMBALI

PEMAIN : Sandy Suwardy, A. Hamid arif, Rinna hassim, Rahayu Effendi, Ismar Lubis, Hasan sanusi

Kami bukan pelarian, bukan pula orang buangan,bukan petualang tanpa tujuan pantang siliwangi menolak tugas kami kemari diperintah tiger, kini nyatanya perundingan tak membawa hasil penjajah tetep menjajah. Diplomasi berantakan didalam negeri, kami kembali ke jalan tempur. Siliwangi kini kembali pulang.

Pada saat perjalanaan menuju jawa barat tentara siliwangi diserang oleh penjajah dengan dipimpin Letnan Priatna. Perjalanan pun dilanjutkan dan pada malam hari tentara siliwangi menyerang pos belanda dengan tembak menembak. Akhirnya pos belanda itu sudah hancur dan tidak ada yang tersisa.
sementara penduduk yang lain melanjutkan perjalanan yang dipimpin pak parman melewati pos utara.

Sementara penjajah belanda membuat rencana licik dengan cara membuat poster soekarno bahwasanya pemimpin bangsa indonesia itu telah menyerah ke kerajaan belanda, untuk itu belanda memerintahkan keseluruh kampung bahwa harus menyerah kepada kerajaan belanda.

Penyamaran yang dilakukan oleh tentara republik untuk menyusup ke pos belanda yg diutara ternyata ketahuan oleh pihak belanda, untuk itu tentara republik itu disiksa. Penghianat kepala lurah itu memberikan informasi kepada pihak belanda bahwasanya ada tentara indonesia yang menyusup. Dan akhirnya penjajah belanda itupun telah terkalahkan.

Pada akhirnya tentara siliwangi itupun telah sampe ke tanah jawa barat, dengan penuh suka cita. Merdeka..merdeka..merdeka, warga jawa barat menyambut kedatangan tentara republik itu.

Disamping itu, gadis (marni dan maya) yang dikenal akrab itu tekad membantu tentara siliwangi dengan membeli obat-obat an dan memberikan informasi mengenai penjajah itu, mereka dan ibunya bertekad membantu pejuang dalam kemerdekaanya.
Dengan itu, belanda mengetahui hal tersebut lalu mereka menyerang kampung di jawa barat. Tentara siliwang pun siap bertempur melawan belanda. Dan akhirnya tentara siliwangi itu membuat mundur para penjajah belanda.

Akhirnya marni dan maya sudah sampai digubuk siliwangi. Maya sebagai kekasih kang priatna pimpinan siliwangi itu sangat senang bertemu kembali dengannya. Pada saat mendatangi desa tentara hampir diracunin oleh orang-orang sendiri dan Priatna pun menyesali dengan peluru yang telah ditembakan kepada orang-orang indonesia sendiri.

Dan akhirnya tentara siliwangi pun telah bergabung dengan tentara batalion, merekapun menyusun strategi dalam melawan penjajahan.
Pada saat itu, markas TNI diserang oleh DI (penghianat bangsa) mendengar kabar itu tentara siliwangi kembali kemarkas. dan Anwar tewas dalam peperangan itu, dan Panji pun telah direbut kembali.

*****

Film ini lebih condong peperangan terhadap bangsa kita sendiri yang sebagai pengkhianat (DI), Cerita terhadap perlawanan penjajah pun begitu kurang.. but Over All bagus…

25 Responses to “MEREKA KEMBALI”

  1. joko Says:

    Pak Admin, gmn caranya jika saya berminat ingin memiliki copy dari film ini?

  2. audryan Says:

    terima kasih infonya

  3. budiaman Says:

    Tolong kirimkan film Mereka kembali untuk saya Mas, karena saya sebagai guru sejarah sangat membutuhkan film2 dokumenter seperti ini. Kalau ada yang lain juga dikirim via emal saya ya
    Alhamdulillah jazakallohu khoiron
    moga2 alloh paring barokah
    wassalam
    Budiaman
    lionheart.sape@gmail.com

  4. Azzam salam assidiqie Says:

    mengenang sejarah itu penting…karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan nya….sekarang ,televisi di indonesia sudah lupa akan makna sejarah….jadi sudah tidak ada lagi film2 sejarah..wajar generasi muda kita ga punya jiwa nasionalis…..goblok nya ada di pemerintah dan tv2 di indonesia….

    • andromedajunior Says:

      Betul yang saudara bilang..seharusnya tv mengulas smua film perjuangan minimal di tanggal2 tertentu seperti pada tgl 17 agustus bgt.. Biar jiwa pemuda indonesia mempunyai smangat perjuangan..

      Thanks dah mampir.

  5. Udjo Says:

    mas,,,,,,film ni bgus bwt para pecinta sejarah perjuangan kita!!!!!!!!!!!!
    MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. Pakasolan Says:

    Tolng krimkan film perjuangan ini mas(mereka kembali)

  7. jiboy Says:

    mohon dikirim ke email saya ya pak!!!! trimakasih atas kirimannya.

  8. suwandi Says:

    Mas, tolong kirimkan filem MEREKA KEMBALI BUAT SAYA dan mau tanya apa judul lagu soundtrack film tetsebut. trim’s

  9. Zaini Putra Says:

    Assalamu`alaikum,
    Bisa gak mintak copy nya film perjuangn mereka kembali ini mas ? kalau bisa tlong kirimkan ke email saya, trimakasi

  10. e.prayitno Says:

    mas …dimana sy bisa beli film2 seperti ini… ato klo bleh kirim film ini via email… trims

  11. mang obed Says:

    saya nonton filem itu sekitar tahun 1982, ketika kelas 2 SD, kebetulan ada perusahaan jamu air mancur yang memutar filem tersebut dan masih sangat gress….dibioskop aja belum di putar….dan sampai sekarang masih teringat ketika anwar duel dengan tentara DI dan dua-duanya mati……….

  12. Fadhil Yaqin Says:

    maroke kembali ya memang meroke harus kembali karena meroke milik Ind
    onesia yang namanya papua merdeka sebetulnya tidak ada………!

  13. Fadhil Yaqin Says:

    Meroke kembali ya….!memang meroke harus kembali karena meroke sejak dulu milik Indonesia .Sebetulnya papua merdeka hanya slogan saja yang sebetulnya itu tidak ada.wasalam Rt.emen beo.UP majalaya.

  14. Mgs.M.Syatta Says:

    Mas tolong kirimi saya film “MEREKA KEMBALI ”
    terims

  15. Mgs.M.Syatta Says:

    pak bagaimana saya dapat copy film Mereka Kembali ini
    Trims

  16. setyo Says:

    pak admin saya mau dong film ini ,,,caranya gimana ya ,,,biar menambah wawasan sejarah & rasa nasionalisme ,,,cinta tanah air dan bangsa…terima kasih banyak ..sebelumnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: