PAHLAWAN GOA SELARONG

JUDUL FILM : PAHLAWAN GOA SELARONG

Pangeran diponegoro mengumpulkan rakyat-rakyatnya untuk memberi semangat untuk melawan para belanda. Disamping itu para srikandi pun sedang belajar memanah dan belajar bertempur untuk persiapan pertempuran.

Dengan kuda berlari bersama andongnya para Kerabat kraton perwakilan dari belanda menemuin pangeran diponegoro dan Gusti mangku bumi dalam pembahasan mengenai perjanjian penggunaan lahan untuk kepentingan belanda. Pangeran diponegoro pun tidak menyetujui.
Tetapi dengan bujukan sang Ayah, akhirnya pangeran diponegoro pun mau mendatangi perundingan dikraton. Karena ketidaksopanan kraton dengan tata kramanya maka pangeran diponegoro bersama ayahnya langsung marah dan segera kembali.

Kerajaan kraton yang dpimpin oleh belanda sangatlah kejam, mereka menanamkan Rodi (kerja paksa) dan dikenakan pajak yang tinggi terhadap penghasilan yang dihasilkan penduduk. Mereka di cambut, ditendang apabila mereka terdiam. Rakyat pangeran diponegoro pun langsung bertindak menyerang melihat kekejaman itu.

Pangeran diponegoro pun bertekad terjun ke pertempuran bersama Dek ajeng beserta srikandi-srikandinya dalam pertempuran melawan kompeni-kompeni.
Pada akhirnya pada tanggal 19 juni 1925 pangeran diponegoro mendatangi desa setempat untuk bergabung dalam pasukan tempurnya.Dan mereka pun menuju desa Selarong.

Lalu belandapun menjanjikan kepada siapa saja yang bisa mendapatkan kepala pangeran diponegoro akan mendapatkan uang 50.000 gala.pangeran diponegoro beserta yang lainnya meninggalkan selarong dan menyerang Belanda di Yogyakarta.
Peperangan pun terjadi dan pada akhirnya pangeran diponegoro berhasil membuat belanda jera.

******

Film ini sepi, kurang menampakan pertempuran yang hebat tapi mempunyai nilai perjuangan yang positif
Pangeran diponegoro adalah salah satu pahlawan yang memajukan kemerdekaan indonesia, untuk itu kita sebagai bangsa indonesia harus menjaga dan membangun bangsa ini dengan penuh cinta.

2 Responses to “PAHLAWAN GOA SELARONG”

  1. mazhar Says:

    salam. gimana ada menu downloadnya? Saya pengen sekali download.. kebetulan saya di Menado, di sini jejak sejarah budaya beliau beserta Kyai Modjo cs masih banyak tersisa… waktu tinggal di Bengkulu pun saya menyaksikan jejak sejarah Panglima Sentot Prawiradirja

  2. JOKO Says:

    MANA UNTUK DOWNLOAD FILMNYA BROW


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: