BANDUNG LAUTAN API

BANDUNG LAUTAN API

Pemain :  Christine Hakim, Dicky Zulkarnaen

Disutradai : Alam Surawijaya

kemerdekaan 17 agustus 45 pun dikumandangkan ke seluruh plosok negeri.
Untuk mengusir penjajah indonesia dari jepang. TKR menyusun berbagai strategi dalam memerangi rakyat jepang.

Kedatangan Priatna seorang pahlawan yang mempunyai tingkat pemberani tinggi dalam menyusun strategi, akan tetapi hidayat yang tidak mempunyai pemberani dia diangkat menjadi ketua TKR.

Nani anak dari mantan bupati pada saat pemerintahaan belanda sangatlah berani, dia meminta izin kepada ayahnya untuk memperjuangkan bangsa indonesia, akan tetapi ayahnya tidak menyetujuinya, nina pun bertekad maju ke medan perang demi Bangsa Indonesia.

Pada saat pengintaian yang dianggap mata-mata yang dipimpin hidayat membuat kesalahan fatal, dengan perintah hidayat maka terbunuh lah ayahnya  Nani di tangan Jarot.

Penyerangan kembali dilakukan oleh bangsa indonesia, peperangan sengit.. Suara tembak dan bom menghiasi pembalasan bangsa indonesia. Akan tetapi pembalasan pada malam itu tidak terlalu hebat tapi pembalasan itu sangat berarti. Priatna terus semangat dan penuh berani melawan penjajah itu.

Pada tnggal 29 november 45 bandung utara harus dikosongkan.. Isi perundingan yang diselanggarakan para pahlawan pada malam itu.

Merdeka..merdeka..merdeka
Semangat 45 para pejuang indonesia. Perlawanan bangsa indonesia pun terus menyerang para sekutu. Walaupun peralatan perang indonesia tidak secanggih sekutu, mereka berperang sampai titik darah penghabisan. Karena terlalu kuat alat perang sekutu para pahlawan akhirnya mundur dan berunding kembali untuk menyusun strategi.

Penyerangan bangsa indonesia kembali bangkit.. Mereka berperang dengan penuh semangat kemerdekaan. Akan tetapi Priatna terkena tembak di kaki.
Penyerangan sekutu yang terus bertubi-tubi mengakibatkan tertembaknya Hidayat (ketua TKR)
ketika itu, hidayat menceritakan kepada Nani mengenai kematian orang tuanya itu hanyalah salah paham. Hidayat meyakinkan bahwa Priatna tidak bersalah.

sempat terjadi kesalah pahaman disaat Nani pergi ke utara, Priatna menyangka Nani adalah mata-mata, priatna pun hampir menembak Nani akan tetapi nani dilindungi oleh jarot. Jarot pun kena tembak.. Dia pun berusaha meyakinkan Pak priatna bahwa nani pergi ke utara untuk mengambil baju bagus hanya untuk menemui Pak Priatna.

Penyerangan bangsa indonesia kembali datang dengan membombardir sekutu dengan Dinamika.. Kebakaran pun dimana-mana.

Dan akhirnya Bandung sudah direbut kembali oleh Bangsa Indonesia.Merdeka..merdeka!

******

Film ini bagus untuk ditonton, bisa mencontoh semangat perjuangan yang ditanamkan. Nilai nilai perjuangan bisa kita ambil dengan positif , jadi kita bisa menghargai para pahlawan yang gugur dalam medan perang untuk kemerdekaan Bangsa indonesia ini. Merdeka……!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: