JANUR KUNING

JANUR KUNING : SERANGAN UMUM 1 MARET 1949

PEMAIN : Kaharuddinsyah, Deddy Sutomo, Dicky Zulkarnaen.

SUTRADARA : Alam Rengga Surawijaya

 

Yogyakarta 19 Desember 1948

Tentara penjajah menyerang kota jogjakarta dengan pesawat tempurnya. Pejuang tidak tinggal diam dan dibawah pimpinan parjo. Membuat strategi dalam penyerangan balik terhadap penjajah.

 Pemerintah belanda membatalkan perjanjian genjatan senjata dan menyerang kota jogjakarta.dan belanda memasuki kota jakarta dengan penyerangan yang bertubi-tubi. Penduduk pun ketakutan, pejajah itu menyandra penduduk kota yogyakarta

 Genjatan senjata pun terus menerus! Belanda masih mencari Soeharto ke berbagai pelusuk kota yogyakarta.

 Pejuang menyusun strategi dalam penyerangan untuk mengusir tentara penjajahan belanda. Kemudian pejuang myerang markas belanda. Dan pejuangpun berhasil menunjukan bahwa bangsa indonesia mempunyai kekuatan perang yang kuat. Dan pejuang pun merencanakan serangan umum 1 maret 1949 dengan tanda janur kuning yang digantungkan dileher.

 Mereka para pejuang pun bertempur dengan janur kuning dilehernya,akan tetapi salah satu pejuang yang bernama Komar salah menghitung hari, penyerangan umum 1 maret dia menyerang pada tanggal 28 Feb, untuk itu serangan dihentikan dan pasukan kembali.

 Untuk keesokanya pada tanggal 1 maret 1949 para pejuang pun akan menyelanggarakan serangan Umum 1 maret 1949 mereka menyusun strategi penyerangan dengan dimukainya sirine setiap pagi- yang dilakukan belanda. Pertempuran janur kuning dengan penjajahan belanda sangat menegangkan. Suara tembak dan bombardir yang menghebohkan. Para pejuang terus maju dengan tekad yang kuat.

 Dalam sidang umum PBB delegasi indonesia memperjuangkan dengan gigih nasib indonesia perlawanan rakyat dan bergelora di seluruh tanah air seperti serangan umum 1 maret 1949 memperkuat diplomasi politisi kita di PBB

 Berkibarlah Bendera Merah Putih

 MERDEKA…MERDEKA..MERDEKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: