DIMANA KAU IBU?

Dimana kau ibu

Pemain : Faradilla sandy, Lenny Marlina, kusno sujaewadi, Dicky zulkarnaen, mieke wijaya dan Rano karno (Yatim)

Sutradara : Hasmanan

Sinopsis : Dimana Kau ibu?

Dinda adalah putra dari seorang pejabat RI dia menjalani hubungan asmara dengan pemuda yang dicintainya yang bernama Alex, akan tetapi hubungan mereka tidak disetujui oleh ayah dinda. Mereka saling mencintai satu sama lain sehingga mereka berinisiatif menikah secara diam-diam tanpa sepengetahuan ayahnya karena tidak dapat restu darinya. Hasil pernikahan nya itu dinda hamil dan melahirkan seorang anak yang diberi nama Yatim (Rano karno) oleh ayah dinda. Ketika kelahiran yatim Alex pun mengalami kecelakaan sampai dia meninggal.

 Ayahnya tidak menganggap yatim itu sebagai cucu nya karena yatim adalah anak haram, dan kebencian terhadap yatim ayah dinda meminta kepada ucup adik kandungnya untuk membawa yatim ke Cirebon dan memisahkan dengan ibunya berpura pura kalau anaknya itu telah meninggal pada saat dilahirkan.

 Tahun demi tahun berjalan, kini yatim sudah beranjak besar dan berusia 10 tahunan dia hidup dikeluarga paman nya di Cirebon dengan penuh sengsara. Ibu angkatnya tidak suka terhadap yatim diapun selalu mendapat pukulan ketika yatim membuat kesalahan sedikitpun. Hidup yatim sangatlah malang, untuk baju nya saja dia hanya punya 2, yatim seolah olah menjadi pembantu, dia disuruh membereskan rumah. Dan pada saat saudaranya itu berbuat jahil, dia memcahkan piring kesayangan ibunya lalu yatim pun dipukuli dengan sapu, saat itu yatim pun mengetahui kalau dia adalah bukan ibu kandung nya.

            *****

Pada suatu saat dinda jalan bersama temannya yang bernama hetty, disitulah dinda bertemu dengan pria yang bernama bastaman, dan dia rekan kerjanya hetty. Lalu mereka pun berkenalan satu sama lain dan bastami pun merasa punya perasaan yang khusus pada dinda, dan ayah nya pun sudah merasa cocok akan pilihan dinda itu.

 Ketika orang tua angkat yatim dating ke rumah Yusuf (ayah dinda) untuk meminta uang karena keluarganya sedang membutuhkan uang, obrolan antara ayah dinda dan ucup mengenai yatim dinda pun dating dan mendengar semua obrolan mereka.Dinda pun berkesimpulan bahwa anak nya itu masih hidup. Dinda pun sangat bahagia ketika anaknya masih hidup dan bergegas mencarinya ke daerah Cirebon bersama kekasihnya Bastami.

              *****

Yatim selalu dijahili oleh teman-temannya, pada saat dia pulang dari pasar dia dihalangi oleh temannya dan keroyok akan tetapi yatim bisa menjaga dirinya. Dan ibu kandung yatim sudah menunggu dirumah orang tua angkatnya tapi yatim tak kunjung dating. Yatim pun dating lalu bergegas untuk lari dari rumah karena takut dimarahi oleh ibu angkatnya itu dan dia meninggalkan kota Cirebon dengan menumpang sebuah truk yang menju kea rah Jakarta.

 Ibunda yatim terus mencari ke sudut kota Jakarta menanyakan keberadaan yatim kepada setiap orang tapi keberadaan yatim tidak diketemukan.

 Yatim dijakarta menjalani kehidupan yang susah lalu dia berinisiatif menjadi tukang sol sepatu di jalanan untuk menyambung hidupnya, Ketika yatim melihat seorang ibu dengan anaknya menangis, yatim pun menghampiri dan memberikan sebungkus nasi untuk mereka. Lalu yatim pun bertemu dengan bapak-bapak yang bernama kosim penjual trompet dan topeng.

 Semenjak itu yatim merasa rindu akan kasih saying ibu, dia pun mencari ibunya kesudut kota, yatim menunggu didepan tempat beribadah berharap bertemu sama ibunya, begitu sebaliknya dengan dinda ibu yatim. Dinda pun memasang iklan diradio untuk informasi kehilangan anak. Kosim penjual trompet itu mendengarkan informasi atas kehilangan anak yang sama percis ciri-ciri nya disebutkan oleh penyiar itu, lalu kosim pun memberikan nasihat kepada yatim bahwa orang tua nya sedang menunggu, anggapan yatim adalah orang tua nya itu yang berada dicirebon. Lalu yatim pun menolak nasihat pak kosim itu. Sejak yatim akan pergi dia pun mengalami kecelakaan dia ditabrak mobil yang mengakibatkan luka parah.

 Pak kosimpun memberi tahu kepada dinda ibu kandung yatim. Disitulah anak dan ibu selama 10 tahun terpisah dan dipertemukan kembali.

2 Responses to “DIMANA KAU IBU?”

  1. SoraMaria Says:

    wah gw suka bgt ama nih film, sering d puter pas gw masih kecil, endingna bikin nangis TT^TT


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: